Saturday 22 September 2012

Mistik Parangtritis



Ga tau kenapa gue rada-rada kepikiran ama mitos Nyi Roro Kidul di Parangtritis. Basically gue nggak percaya sama keberadaan si ratu selatan pecinta warna ijo itu. Yang gue yakin, pasti ada makhluk lain selain manusia yang stay disana. Ngga hanya disana, di tempat lain juga selalu ada. Tapi yaudah, sebatas itu aja. Cukup saling menghormati keberadaan masing-masing dengan ngga saling ganggu.

Kalo nggak percaya kenapa kepikiran? Karena mitos itu kental banget disana. 3 hari lalu gue kesana, tengah malem nongkrong di pantai masih ada aja yang bakar dupa dan nebar sajen plus ritual-ritual lain yang gue nggak ngerti. Entah gue yang emang norak atau emang selalu ada kegiatan seperti itu disana, gue nggak tau. Ini menurut gue sangat nggak logis dan cenderung bikin kasihan. Udah taun 2010, disaat warga dunia lainnya sibuk bikin penemuan dan teknologi baru, kita masih nyembah mitos. Apa yang salah ya sampe bisa begini? Edukasi yang nggak merata? Atau pikiran yang terlalu sempit, sampai nggak mau ninggalin kepercayaan lama padahal jelas-jelas percuma?

Harus gue akuin, gue sempet rada merinding waktu duduk disana. Gue masih mensugestikan diri sendiri bahwa gue merinding karena anginnya dingin. Tapi kemudian sugesti itu sempet goyah.

Menjelang subuh, gue masih duduk sama temen-temen di pinggir pantai. Posisi duduk kita sama bibir pantai jauh banget. Ombak ngga nyampe kesana. Tapi tiba-tiba air dateng, naik ke tempat kita duduk. Tingginya sih cuma semata kaki, tapi karena kaget akhirnya kita lari-larian ngejauh. Disitu dompet temen gue ilang.

Paginya, pantai mulai rame. Temen gue yang kehilangan dompet akhirnya mutusin untuk ikhlas dan kita mulai main lagi. Gue dan satu orang temen jaga barang, sementara yang lain main air. Dan air nyamperin lagi. Gue mundur, menjauh. 5-6 kali ombak berikutnya nggak sampe ke tempat gue duduk. Tapi kemudian airnya mulai nakal lagi. Tiba-tiba dia naik sampe ke tempat gue duduk. Barang-barang nyaris basah. Gue pindah lebih ke belakang lagi.

Kemudian gantian, gue main air dan temen gue yang jaga barang. Lagi-lagi, air naik sampe ke tempat barang-barang, sementara kewaspadaan kita udah turun. Akhirnya barang agak basah sedikit tapi masih selamat. 

Terakhir, padahal kita udah pindah ke tempat yang tinggi dan agak nanjak, air masih juga nyamperin. Dan kali itu beberapa handphone nggak selamat. Kerendem.

Yang menurut gue nggak logis adalah bahwa air hanya nyamperin tempat kita duduk jagain barang. Padahal tempat duduk kita itu udah tinggi dan kalo ombaknya nggak gede-gede banget, air nggak akan nyampe kesana. Kalopun ombaknya gede, pasti bagian pantai yang lain juga kena. Tapi ini nggak. Hanya tempat kami duduk.

Kalo pake logika, itu pantai selatan. Lautnya adalah Samudera Hindia. Sa-mu-de-ra. Wajar kalo ombaknya ganas. Makanya banyak orang ilang disana karena ombaknya tinggi-tinggi, tarikannya kenceng, dan kontur pantainya yang banyak patahan serta karang.

Gue terlalu parno mungkin ya. Orang kan kalo udah parno, semua-muanya dihubung-hubungin. Padahal ngga ada hubungannya. Masalahnya udah 2 kali gue ngalamin kejadian aneh di daerah pantai. Entah ya, barangkali dua-duanya emang murni human error dari gue dkk aja, tapi gue yang kemakan mitos serta mistik.

Sampe detik ini gue masih nggak percaya sama Nyi Roro Kidul, dan nggak takut sama dia. Justru yang gue takutin adalah keteledoran gue sendiri. Masih bagus yang ilang adalah dompet dan yang rusak adalah handphone. Kalo salah satu dari rombongan gue kemaren yang ilang, lha gimana?

Oh ya, dan gue juga takut sama orang-orang yang nyajen di pantai malem itu. Serem aja sih kelihatannya. Mungkin lebih karena gue nggak bisa menjelaskan secara rasional maksud dan tujuan mereka ngelakuin itu. Atau mungkin karena suasana plus bau-bauannya yang mistis parah. 

Selebihnya, gue ga percaya kalo makhluk-makhluk itu harus gue sembah, apalagi gue jadiin alesan buat jaga sikap. Jaga sikap mah dimana aja dan kapan aja, ngga usah nunggu mitos dulu.

 

No comments:

Post a Comment